SMAN 1 Cikarang Pusat | Kabupaten Bekasi 


Program Cerdas Istimewa (CI) Tahun Pelajaran 2018/2019

Menindak lanjuti Surat Edaran Dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat Tanggal 19 Maret 2018 Perihal Penerimaan Peserta Didik Baru ( P2DB ) Khusus bagi Peserta Didik yang memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa ( CI/BI ), kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

  1. SMA Negeri 1 Cikarang Pusat akan menerima Peserta Didik Baru (PPDB) Program Cerdas Istimewa (CI) Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 2 (dua) rombel (maksimal 64 siswa)
  2. Tanggal 16 s.d. 28 April 2018 Pendaftaran offline Program Cerdas Istimewa dengan persyaratan yaitu :
    1. Nilai Raport SMP / MTs Semester 1 s.d. 5 dengan nilai rata-rata masing-masing mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), minimal 80.
    2. Hasil Test Psikotest yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi terakreditasi atau lembaga psikologi yang sudah memiliki SIPP (Surat Ijin Praktek Psikologi) yang dikeluarkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan direkomedasikan oleh BSNP.
      1. Peserta didik yang memilki kemampuan intelektual umum minimal kategori sangat cerdas/very superiot dengan skor minimal 130 (skala Wechsler atau sebesar nilai rerata + 2 deviasi standar untuk alat tes kecerdasan lain)
      2. Peserta didik yang memiliki tingkat Kreativitas (CQ) tinggi dan keterikatan terhadap tugas (Task commitment) dengan katergori baik
    3. Kesehatan yang baik, yang ditunjukan dengan surat keterangan sehat dari dokter
  3. Tanggal 7 Mei 2018 Test Akademik
  4. Tanggal 25 s.d. 26 Mei 2018 Wawancara Orang Tua peserta didik
  5. Tanggal 04 Juni 2018 Pengumuman Hasil Seleksi
  6. Tanggal 4 s.d. 8 Juni 2018 Daftar Ulang Peserta Didik Baru yang diterima Program Cerdas Istimewa (CI)

Demikian Informasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Kepala Sekolah
Drs. H. Royalih, M.Pd
NIP. 19600310 198903 1 007

Sejarah Sekolah

SMA NEGERI 1 CIKARANG PUSAT Kabupaten Bekasi sebagai salah satu unit pelaksana teknis dari sistem pendidikan nasional, memiliki tujuan untuk mendidik murid menjadi manusia pembangunan seutuhnya, dengan visi : Mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa, unggul, terampil, kreatif. Inovatif, dan responsive terhadap perubahan local dan global.Diimplementasikan didalam misi : 1) Menumbuhkembangkan penghayatan keimanan dan ketaqwaan setiap warga sekolah menjadi sumber kearifan dalam berfikir dan bertindak

Selengkapnya »

Visi Misi Sekolah

Menumbuh kembangkan penghayatan keimanan dan ketaqwaan setiap warga sekolah menjadi sumber kearifan dalam berfikir dan bertindak

Melaksanakan proses pembelajaran serta bimbingan secara efektif dan efisien

Memotivasi dan membantu peserta didik untuk mengembangkan diri sehingga memiliki kemampuan dan krativitas

Selengkapnya »

Tujuan Sekolah

Mempersiapkan peserta didik memiliki kepribadian dan akhlak mulia yang didasari oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan.

Mempersiapkan peserta didik menguasai pengetahuan dan ketrampilan akademik serta beretos belajar untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkualitas dan berprestasi dalam bidang olah raga dan seni.

Selengkapnya »


Model 5

Sambutan Kelapa Sekolah | Drs. H. Royalih, M.Pd.

Perkembangan dan perubahan dunia pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya.

Perkembangan dan perubahan tersebut menuntut perubahan dan peningkatan di bidang pendidikan (termasuk SMA Negeri 1 Cikarang Pusat) dalam menyiapkan peserta didik untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang beraklaq mulia, berprestasi, cakap, tangguh, dan mandiri.

Salah satu upaya peningkatan mutu di SMA Negeri 1 Cikarang Pusat, adalah penyelenggaraan proses belajar mengajar berbasis ICT yakni dengan membangun sebuah Website http://www.sman1cikpus.sch.id yang merupakan web site resmi SMA Negeri 1 Cikarang Pusat.

Selengkapnya »


Model 6

Kegiatan Siswa SMAN 1 Cikarang Pusat

Kematangan siswa dapat diintervensi melalui pendidikan yang tepat di sekolah. Sekolah menengah atas bagi kebanyakan orang merupakan tempat menghabiskan masa remaja untuk kemudian beranjak ke fase dewasa. Oleh karenanya diperlukan penanaman nilai-nilai kemandirian, kepercayaan, dan rasa tanggung jawab agar menjadi pribadi unggul dikemudian hari. Kami memberikan tantangan kepada para siswa untuk melakukan yang terbaik, agar masa depan yang telah dirancang dapat mewujudkan kebanggaan untuk orangtua dan almamater tercinta.